SEJARAH BERDIRINYA MANCHESTER CITY F.C. DARI MASA KE MASA HINGGA SAAT INI

Manchester City F.C.

Manchester City F.C.
Manchester City Football Club (dikenal pula sebagai Man City atau The Citizens) adalah sebuah klub sepak bola profesional dari Inggris yang bermain di Liga Premier Inggris. Klub ini merupakaan klub sekota dengan Manchester United dan bermarkas di Stadion Etihad, Manchester.

Pertandingan pertama dimainkan pada bulan November 1880. Pada saat itu masih bernama St Mark's (West Gorton). Pada tahun 1887 berubah nama menjadi Ardwick A.F.C, dan pada tahun 1894 menjadi Manchester City F.C.

Manchester City telah memenangi Liga Inggris sebanyak 4 kali, Piala FA 5 kali, Piala Liga Inggris 4 kali, dan Piala Winners Eropa 1 kali. Periode tersukses klub ini terjadi pada era akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an. Pada saat itu City di bawah asuhan manager Joe Mercer dengan asistennya Malcolm Allison dan beberapa pemain seperti Colin Bell, Mike Summerbee dan Francis Lee.

Pada awal tahun 1980-an City mengalami masa penuh gejolak penurunan yang berpuncak pada degradasi ke tingkat ketiga sistem liga sepak bola Inggris pada tahun 1998 untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Pada saat era Liga Primer Inggris pertama kali dibentuk tahun 1992, City adalah salah satu pencetus liga premier untuk pertama kali. Namun, prestasi klub ini tidak kunjung membaik, bahkan City harus terdegradasi kembali ke tingkat kedua hingga 2 kali, sementara di ajang Piala FA sejak bergulirnya Liga Primer Inggris, prestasi terbaik City hanya sampai pada perempat-final.

Setelah mengakhiri liga di musim 2006-07 pada posisi empatbelas, musim berikutnya prestasi klub mulai merangkak naik. Pertengahan tahun 2007 klub ini resmi menjadi milik milyarder asal Thailand yang ambisius dan juga adalah mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra. Namun, kepemilikan Thaksin tidak berlangsung lama dikarenakan tuduhan kasus korupsi di negeranya, akhirnya pada September 2008 Thaksin menjual kepemilikan klub kepada pengusaha yang juga anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan.

Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan kemudian menghabiskan ratusan jutaan poundsterling untuk membeli pemain kelas atas agar klub menjadi kompetitif. Sukses menyusul pada tahun 2011, Manchester City lolos ke Liga Champions UEFA dan memenangkan Piala FA. Keberhasilan ini mencapai puncaknya dengan menjuarai Liga Premier Inggris 2011-12.

Timeline

2000an
2000 City kembali ke Liga Primer setelah promosi dua kali berturut-turut. Kemenangan tandang 4-1 atas Blackburn di Ewood Park yang memastikan promosi ke Liga Primer diikuti dengan invasi ke lapangan hijau oleh supporter the Blues.

2002 Manajer City di masa depan, Stuart Pearce menjadi kapten City dan memimpin anak buahnya kembali promosi ke Liga Primer. Mereka memecahkan rekor klub dalam hal jumlah angka yang mereka raih maupun gol yang mereka cetak.

2003 Maine Road menggelar pertandingan terakhirnya saat City bertanding melawan Southampton pada tanggal 11 Mei. Sebuah perpisahan yang emosional. Stadion ini sudah menjadi rumah untuk City selama 80 tahun. City pindah ke stadion baru yang mentereng, Stadion City of Manchester dengan kapasitas 48.000 penonton.

2007 Sven Goran Eriksson menggantikan Stuart Pearce sebagai manajer dan pada tanggal 15 Desember City mencetak rekor klub selama partisipasi mereka di papan atas persepakbolaan Inggris dengan mencatatkan sembilan kemenangan beruntun di kandang di awal kompetisi.

2008 Abu Dhabi United Group menjadi pemilik baru Manchester City. Mantan bintang Wales, Barcelona, Bayern Muenchen dan Manchester United Mark Hughes ditunjuk menjadi manajer City yang baru. City memecahkan rekor transfer pemain di Inggris untuk kedua kalinya dengan mengontrak Robinho dari Real Madrid dengan harga £32,5 juta.

2009 Roberto Mancini, mantan manajer Inter Milan menggantikan Mark Hughes di bulan Desember.

2010 The Blues meraih peringkat terbaik sepanjang kiprah mereka di Liga Primer dengan menduduki peringkat lima dan karenanya berhak ikut di dalam Liga Europa. Mereka juga mencapai babak semifinal Piala Liga.

2011 Masa penantian untuk mengangkat sebuah piala berakhir ketika City menundukkan Stoke 1-0 di Piala FA. Bukan sekadar itu, mereka lolos ke Liga Champions 2011/12 untuk pertama kalinya.

2012 City memenangkan Liga Primer untuk pertama kalinya dalam 44 tahun terakhir menyusul musim kompetisi yang sangat menegangkan. Hanya lewat sebuah gol di detik-detik akhir kompetisi yang dicetak Sergio Aguero saat City mengalahkan QPR, memastikan City menjadijuara dan disambut penonton yang kegirangan di stadion Etihad.

Source :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Manchester_City_F.C.
  • https://id.mancity.com/fans%20and%20community/club/club%20history

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel